Bagaimana Cara Meditasi

Admin
Rabu, 09 Oktober 2013
17.24
Bagaimana Cara Meditasi? Banyak referensi yang bisa kamu baca untuk memulai bermeditasi. Buku-buku meditasi seperti Superpower Mindfullness merupakan salah satu buku yang membahas cara meditasi secara mendetil. Saya sangat menyarankan kamu untuk membaca buku tersebut. Baiklah, akan saya share cara mudah untuk meditasi yang bisa kamu semua praktekkan.

Pertama-tama, kamu harus mengerti terlebih dahulu fungsi dan manfaat dari meditasi. Meditasi berfungsi sebagai suatu praktek latihan pikiran sekaligus sebagai cara mengembangkan manfaat pikiran untuk mencapai kesuksesan dalam hidup. Manfaat meditasi selain membuat pikiran semakin tenang & damai, juga bisa membuat tubuh semakin sehat.

Baiklah, sekarang saya langsung saja membahas bagaimana cara meditasi pernapasan. Kenapa meditasi pernapasan? Karena meditasi ini objeknya lebih mudah didapatkan serta lebih efisien untuk dipraktekkan dimanapun kamu berada. Meditasi pernapasan (Ānāpānasati) tidak terbatas pada duduk mengamati napas tetapi bisa juga di aplikasikan dalam kehidupan sehari-hari. Meditasi aman dan bisa dipraktekkan siapa saja yang punya minat untuk melatih pikirannya.

1. Carilah tempat yang sepi dan tenang
Tempat yang sepi dan tenang tidak harus ke hutan / gua walaupun tempat itu sangat direkomendasikan. Bagi kamu yang masih pemula, dan hidup di perkotaan dan tidak ada tempat meditasi yang kamu ketahui maka saya sarankan untuk bermeditasi pada saat tengah malam di kamar sendiri. Kita tau, kalau pada malam hari maka jalanan akan sepi dan kesempatan itu bisa kamu manfaatkan untuk meditasi di kamar atau tempat tertentu di rumah kamu.

2. Posisi
Bagaimana Cara Meditasi
Duduklah dengan nyaman, kalau bisa duduk dalam posisi bersila. Tapi bagi kamu yang kesulitan, maka bisa saja duduk dengan kaki menyilang biasa tetapi sebaiknya selipkan bantal kecil di bokong kamu agar posisi kamu bisa bertahan lebih lama.
Duduklah dengan rileks tetapi punggung dalam keadaan tegak tanpa menyandar apapun dan kepala juga dalam keadaan selaras dengan punggung. Kedua tangan diletakkan diatas pangkuan dengan posisi telapak tangan kanan diatas telapak tangan kiri.

3. Amati Napas
Mulailah mengamati napas kamu. Jangan mengatur napas, tetapi cukup perhatikan saja aliran napas kamu. Napas masuk biarkan sebagai napas masuk, dan napas keluar biarkan sebagai napas keluar. Tetap rileks dan amatilah napas kamu. Jangan terus bergerak-gerak apabila tubuh terasa panas, gatal, dsb.

Lakukan sebisa kamu saja, jangan paksakan seberapa lama kamu harus meditasi. Usahakan sehari bermeditasi 15 menit. Nah, semoga kamu bisa mengerti cara meditasi yang telah saya bahas. Bagi kamu yang ingin informasi lebih lengkap seputar bagaimana cara meditasi bisa membaca disini (thanks to samaggi phala)
admin blog Herliyanto S.E adalah seorang pebisnis online, blogger sekaligus internet marketer dengan website www.momentpedia.com. Sejak awal berbisnis online telah meraup puluhan juta rupiah dan merupakan top network builder. Semoga informasi di blog ini bisa membantu kamu semua. Ingin berbisnis online seperti Herliyanto? Join yuk!
Bisnis Online Terbaik 2016 - 2017 : KLIK DISINI
FB Saya: Moment Herliyanto
Pin BBM: D2C20BF2
No Wa dan HP: 08121915692

{ 0 komentar... read them below or add one }

Posting Komentar

Komentar yang mengandung unsur SARA, Porn, atau Spam tidak akan ditampilkan.
Tidak boleh menyertakan link hidup terkecuali link sebagai nama.
Komentar terlalu pendek tidak akan ditampilkan.